Persiapan Travel (Travel Preparation)

Aktifitas travelling dapat dibagi-bagi sebagai berikut:

  1. Travel dengan keluarga

Travel dengan anak-anak

Travel dengan orang lanjut usia

  1. Travel dengan teman dan kerabat
  2. Travel sendirian

Masing-masing kegiatan tersebut membutuhkan persiapan yang berbeda-beda. Uraian berikut akan memberikan tips-tips persiapan travel dengan kelompok yang berbeda-beda.

Travel di dalam negri dengan membawa anak (<12 tahun)

Travel bersama keluarga dengan membawa anak merupakan moment yang sangat indah. Anak mulai kita perkenalkan dengan lingkungan yang lebih luas dan belajar beradaptasi dengan hal-hal, suasana dan tempat yang baru. Agar perjalanan benar-benar berkesan, penuh dengan sukacita dan menjadi proses pembelajaran bagi seluruh anggota keluarga, maka persiapan yang baik harus benar-benar dibuat. Berikut adalah tips-tips untuk persiapan travel dengan anak:

  1. Bila membawa anak usia 1 sampai dengan 5 tahun, sebaiknya 1 anak harus didampingi oleh 1 orang dewasa. Bila 1 orang dewasa menjaga ≥ 2 anak perjalanan dapat berbalik menjadi musuh
  2. Pelajari waktu tempuh dari kota tempat tinggal ke kota tujuan dengan alternatif transportasi yang ada.
  3. Pilih transportasi yang paling sesuai dengan kondisi keluarga. Sebaiknya bila membawa anak kecil lama perjalanan tidak lebih dari 10 jam. Kendaraan darat yang direkomendasikan adalah kendaraan pribadi atau kereta dengan AC. Walaupun tidak ekonomis, usahakan di kereta atau di mobil 1 anak 1 tempat duduk agar anak bisa leluasa bergerak dan tidak bosan. Pada waktu pesan tiket kereta api minta kursi ditengah berjejer atau saling berhadapan, sedapat mungkin hindari kursi di ujung dekat kamar mandi. Bila tidak nyaman anak akan terganggu dan menangis yang akan sangat mengganggu perjalanan. Bila perjalanan dengan pesawat, lihat point no. 6 s/d 9 dengan meng klik disini
  4. Pelajari kota/tempat tujuan yang akan dikunjungi baik-baik. Misalnya: tempat-tempat menarik, tempat bersejarah, arena bermain anak, shopping area dll serta alternatif transportasi dalam kota yang ada.
  5. Bila akan menginap di hotel/motel, pastikan kita sudah memesan kamar sebelum berangkat. Sebaiknya kita sudah mengetahui kondisi hotel, fasilitas & servis hotel dan lingkungannya. Hal-hal tersebut dapat ditanyakan ke teman atau kerabat, ke petugas hotel via telepon waktu memesan, atau surfing di internet. Ada baiknya kita memberitahu pihak hotel kalau kita akan membawa anak-anak, hotel/motel yang servis nya bagus akan mengantisipasi hal tersebut. Sewaktu menginap di Bali, saya disiapkan kamar yang relatif paling besar dari kamar lainnya dan terletak di ujung, sehingga tidak ada tamu lain yang melintasi teras kamar. Jika anak menangis tamu lain tidak terganggu. Jika saya membawa anak dengan usia >5 tahun, saya suka memilih hotel yang memiliki kolam renang, karena bila waktu kita terbatas untuk membawa anak berkeliling, berenang di hotel sudah merupakan hiburan bagi anak.
  6. Pikirkan transportasi dalam kota yang akan digunakan (hal ini tidak berlaku bagi keluarga yang membawa mobil). Untuk wilayah Jakarta, Bandung, Yogya, Bali dan Medan, saya merekomendasikan sewa mobil self drive. Karena kalau dihitung-hitung biayanya hampir sama dengan naik turun taxi dan becak serta banyak menghemat waktu. Rute jalan bisa tanya di hotel atau membawa peta lokal. Umumnya sewa mobil self drive berkisar Rp.175.000 s/d Rp.250.000 per hari tidak termasuk bensin dan supir. Bila menyewa mobil, apabila hari pertama sudah punya rencana jalan-jalan keliling kota yang agak lama, minta supaya mobil yang akan disewa diantarkan ke bandara/stasiun pada waktu kita tiba dan buat perjanjian agar selesai sewa mobil juga diambil di bandara/stasiun pada waktu kita akan kembali ke rumah.
  7. Buat rencana perjalanan dengan baik dan terinci serta flexible. Lebih baik lagi apabila diserta dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Contoh rencana perjalanan bisa di klik disini dan disini.
  8. Bila hal-hal tersebut diatas sudah dibuat tibalah saat anda menyiapkan barang-barang yang akan dibawa. Kalau orang dewasa membawa barang secukupnya tidak demikian dengan barang anak-anak.
  9. Persiapkan baju anak dengan seksama, baju anak sebaiknya baju yg nyaman dipakai, dan tidak mudah kotor. Biasanya jeans dan kaos cocok untuk travel. Hitung jumlah baju yang harus dipakai (mis. 1 hari 2 pasang). Bawa juga tambahan baju untuk cadangan sbb : anak usia 1-3 tahun: 6-12 pasang, 3-5 tahun: 4-6 pasang, > 5 tahun: 2-3 pasang. Jangan lupa membawa baju tidur (piyama), jaket, kaus kaki.
  10. Persiapkan handuk dan perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, pasta & sikat gigi. Walaupun pada umumnya hotel menyediakan barang tersebut, tetap kalau membawa anak sebaiknya disiapkan.
  11. Bawa juga sepatu dan sandal. Sebaiknya sepatu kets 1 pasang dan sandal jepit bermotif yang bagus 1 pasang.
  12. Bila tujuan travel adalah untuk menghadiri acara pesta yang diselenggarakan oleh keluarga atau kerabat, maka kita harus menyiapkan baju serta sepatu khusus untuk keperluan tersebut.
  13. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi untuk anak dan orang dewasa. Obat anak biasanya terdiri dari: obat penurun panas/penghilang sakit kepala seperti panadol (tempra) dengan termometer digital, obat batuk, obat diare, bedak gatel, minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon, vicks, dan obat pribadi lainnya. Kalau perginya diatas 3 hari ada baiknya sebelum pergi kunjungi dokter anak langganan, informasikan rencana kita dan minta resep obat-obat untuk bepergian.
  14. Bawa juga barang-barang pribadi favorit anak selama ukurannya tidak terlalu besar. Misalnya: boneka beruang, mobil-mobilan, buku-buku, crayon, ban renang, dll yang relevan. Barang pribadi akan mengurangi rasa homesick anak.
  15. Selain itu bila mungkin bawa bantal tidur anak dan selimut. Untuk anak < 3 tahun hal ini merupakan kewajiban.
  16. Selama travel sebaiknya anak usia 1-3 tahun menggunakan pampers.
  17. Bawa ketel listrik dan termos kecil. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat susu dan minuman hangat, dan tentu saja untuk membuat indomie bagi orang dewasa. Kabel sambungan dengan kombinasi colokan listrik juga berguna.
  18. Jangan lupa bawa susu dan makanan anak selama travel antar kota dan biskuit untuk camilan dan pengganjal lapar.
  19. Untuk anak-anak usia 1 s/d 3 tahun barang bawaannya akan jauh lebih banyak, misalnya: perlak, bedong, kompor kecil listrik, dll.
  20. Taruh barang-barang dalam koper/tas tangan yang mudah dibawa, yaitu yang memiliki roda atau ransel. Lebih baik membawa 1 atau 2 koper besar saja tapi memakai roda dari pada 1 koper kecil/sedang dengan beberapa tas tenteng. Logikanya koper kecil dan koper besar bila pakai roda tidak banyak perbedaan mengenai berat dan kerepotannya. Tas tentengan yang terlalu banyak menyebabkan orang dewasa sulit untuk mengawasi anak. Sedangkan untuk tas tangan sebaiknya tas kecil di pinggang atau diselempangkan. Sementara tas ransel diperlukan untuk keperluan anak seperti air minum, biskuit dan baju ganti.
  21. Selama dalam perjalanan, anak sebaiknya disibukkan selama dalam perjalanan, misalnya: bernyanyi, membaca, menggambar dan tidur.

Kalau melihat daftar diatas banyak juga ya, tapi kerepotan sedikit diatas membuahkan perjalanan yang menyenangkan dan berkesan indah. Saya tidak merekomendasikan bepergian dengan anak usia < 1 tahun. Untuk travel yang berupa liburan besar dengan jarak tempuh yang cukup jauh, idealnya anak berusia > 5 tahun karena anak sudah dapat mencerna, mempelajari dan berinteraktif dengan lingkungan baru sehingga perjalanan dapat efektif menjadi ajang pembelajaran bagi anak dan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Bila tidak sabar menunggu liburan besar, paling tidak tunggu anak sampai dengan usia 3 tahun, agar perjalanan sudah dapat terekam dalam memori anak.

Tag:

2 Tanggapan to “Persiapan Travel (Travel Preparation)”

  1. Travel ke Luar Negri dengan membawa anak (<12 tahun) « My Travel Insight Says:

    […] Travel Insight « Persiapan Travel (Travel Preparation) Travel dengan orang lanjut usia (lansia) […]

  2. Persiapan Kesehatan yang Diperlukan Sebelum Bepergian ke Wilayah yang Endemis Penyakit - ALMETA Says:

    […] menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Untuk tetek bengek persiapan perjalanan dapat dilihat disini. Namun hal terpenting adalah bagaimana mempersiapkan kesehatan kita, agar tubuh kita terhindar dari […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: