Travel ke Luar Negri dengan membawa anak (<12 tahun)

Untuk bepergian keluar negri persiapannya sama dengan travel di dalam negeri (klik disini), tetapi disamping itu ada hal-hal lain yang harus ditambahkan:

  1. Persiapkan paspor seluruh anggota keluarga, dan jangan lupa paspor harus valid paling sedikit 6 bulan sebelum tanggal kadaluarsanya. Buat foto kopi paspor masing-masing 2 kali. Alasan fotokopi 2 kali adalah, 1 untuk arsip di rumah dan simpan ditempat yang mudah diambil, yang satu lagi taruh di tas tangan. Pada waktu di negara tujuan, bila hotel memiliki safety box, taruh pasport asli di safety box, copinya kita taruh di tas tangan. Kalau tidak nyaman menaruh pasport di safety box maka taruh pasport di kantung yang aman di dalam badan, dan tidak perlu dikeluarkan kecuali untuk keperluan imigrasi di airport. Beberapa teman saya kehilangan pasportnya waktu di luar negeri, karena mereka menyimpan di tas tangan. Pada waktu mereka buka tutup tas berulang kali mereka tidak sadar kalau pasportnya jatuh. Akibatnya tentu sudah terbayang kerepotan yang ditimbulkan.
  2. Memiliki travel insurance juga merupakan persiapan yang baik, lihat keterangannya disini pada point 14.
  3. Cari tahu iklim pada negara tujuan, agar tahu pakaian apa yg perlu dipersiapkan.
  4. Bawa colokan listrik dengan kaki 3, karena banyak negara yang colokan listriknya kaki 3, berbeda dengan di Indonesia yg kaki 2.
  5. Bila pergi ke negara dimana agak susah untuk memperoleh nasi, kita dapat membawa rice cooker kecil dan beras secukupnya.
  6. Timbang seluruh bawaan, karena sekarang maskapai penerbangan peraturannya ketat, biasanya untuk bagasi 20 kg (kecuali AirAsia hanya15 kg), dan untuk kabin 7 kg dengan ukuran koper kecil dan tidak gendut. Jangan berharap di luar negeri ada porter yang bisa bantu angkat barang, oleh karenanya antisipasi jumlah koper/barang yang sanggup di bawa tanpa mengabaikan penjagaan terhadap anak-anak.
  7. Pada waktu check in, usahakan agar barang yang masuk bagasi se-banyak2 nya, dan barang yang dibawa ke dalam kabin ringan atau punya roda. Lapor ke petugas kalau rombongan, sehingga kalau 4 orang jatahnya bisa 80 kg, 5 orang bisa 100 kg dst. Minta kepada petugas untuk duduk pada bangku yang berjejeran dimana 1 orang dekat jendela dan min.1 orang dekat gang.
  8. Jangan bawa cairan ke dalam pesawat, peraturan baru hanya mengijinkan cairan tidak lebih dari 100 ml. Jadi kalau bawa 2 anak dan keduanya minum susu, maka bawalah 2 termos kecil yang kapasitasnya 50-60 ml, untuk air putih minta ke pramugari di pesawat.
  9. Sebaiknya di pesawat menggunakan blus/blazer yang memiliki kantong yang cukup besar dan agak dalam, sehingga tiket dan paspor bisa muat taruh disitu. Karena paling sedikit 3 kali kita harus menunjukkan pasport/tiket ke petugas bandara, agak repot kalau kita harus berulang kali membuka tas tangan.
  10. Setelah tiba di negara tujuan, apabila kita diminta mendeclair barang-barang berupa makanan, bila kita membawa beras dan indomie, tunjukkan ke petugas. Biasanya makanan kering bila jumlahnya tidak banyak, diijinkan. Kalau kita berbohong dan kemudian ketahuan, kita bisa kena denda.

Wah repot ya travel dengan anak-anak, tapi kalau nggak repot tidak berseni J. Dengan semakin seringnya kita travel, maka persiapan hal-hal tersebut di atas lama kelamaan menjadi otomatis. Ada yang mau menambahkan daftar diatas???

Bila ingin bepergian, sebaiknya membuat rencana perjalanan. Contoh Rencana Perjalanan Pribadi dapat diklik disini dan disini.

Selamat Bepergian. Good Luck to you all, God bless you.

Tag:

2 Tanggapan to “Travel ke Luar Negri dengan membawa anak (<12 tahun)”

  1. Persiapan Travel (Travel Preparation) « My Travel Insight Says:

    […] Travel Insight Travel ke Luar Negri dengan membawa anak (<12 tahun) […]

  2. Travel dengan orang lanjut usia (lansia) « My Travel Insight Says:

    […] My Travel Insight « Travel ke Luar Negri dengan membawa anak (<12 tahun) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: