Travel dengan teman dan kerabat

Sebenarnya travel dengan teman atau kerabat merupakan suatu perjalanan yang mengasikkan dan menyenangkan, nyaris tanpa masalah. Karena yang bepergian adalah semuanya orang dewasa maka segala sesuatunya dapat dipersiapkan sebaik dan seefisient mungkin, atau bisa saja tanpa persiapan yang mendetil dengan alasan ingin bebas menjalani adventurir, bereksplorasi dan bereksperimen. Tapi tunggu dulu, itu semua dapat dijalankan bila teman travel kita adalah orang yang tepat dalam arti sesama anggota perjalanan telah saling mengenal baik karakter masing-masing sehingga dapat menerima kekurangan dan kelebihan teman seperjalanan. Bila tidak, dapat terjadi perjalanan menjadi menyebalkan disebabkan oleh hal-hal sebagaimana berikut: untuk memilih tempat makan saja sudah tidak sepaham, ada anggota perjalanan yg lambat dan ingin bersantai, tapi ada juga yg ingin cepat supaya bisa mengunjungi objek wisata sebanyak-banyaknya. Contoh lainnya adalah, ada anggota yg easy going dapat menginap dikamar model apa saja asalkan murah, tapi ada juga anggota yg kalau bepergian harus menginap di private room walaupun dengan kompensasi keluar uang lebih banyak. Belum lagi masalah kebersihan dan kerapihan kamar dapat menjadi ganjalan bila saling bertolak belakang.

Bagaimana bila ≥2 orang dewasa yang belum begitu saling kenal, namun mempunyai tujuan bepergian yang sama dan semuanya sama-sama membutuhkan teman untuk saling menguatkan dan sharing. Cara mengatasi masalah-masalah yang mungkin akan timbul adalah dengan cara mengantisipasi permasalahan sebelum perjalanan dilakukan. Dalam hal ini tentu persiapan perjalanan adalah penting. Berdialoglah baik-baik dan secara terbuka satu sama lain. Mulai dari akomodasi, makanan, transportasi sampai dengan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi. Banyak orang yang enggan berbicara mengenai pengeluaran uang, dan menganggap enteng untuk pengeluaran tetek bengek yang kecil-kecil. Tetapi belakangan akhirnya gerundel dan dongkol, karena pengeluaran tetek bengek tersebut ternyata lama-lama menjadi bukit. Oleh karena itu buatlah rencana perjalanan sedetil mungkin, agar tidak ada salah paham satu dan lainnya. Contoh rencana perjalanan dapat dilihat dengan mengklik disini dan disini.

Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapkan oleh orang dewasa untuk bepergian. Sebagian besar persiapan tersebut banyak kesamaannya dengan persiapan travel dengan anak dan travel dengan lansia, yaitu:

  1. Pelajari waktu tempuh dari kota tempat tinggal ke kota tujuan dengan alternatif transportasi yang ada.
  2. Pilih transportasi yang paling sesuai dengan kondisi seluruh anggota perjalanan. Bila naik kereta api, waktu beli tiket kereta api minta kursi ditengah berjejer atau saling berhadapan, sedapat mungkin hindari kursi di ujung dekat kamar mandi. Bila bepergian dengan bus, tergantung dari preferensi anggota perjalanan untuk memilih tempat duduk, tetapi sebaiknya sudah dipilih baik-baik waktu membeli tiket. Bila perjalanan dengan pesawat, lihat point no. 5 s/d 10 dengan meng klik disini
  3. Pelajari kota/tempat tujuan yang akan dikunjungi baik-baik. Misalnya: tempat-tempat menarik, tempat bersejarah, shopping area dll serta alternatif transportasi dalam kota yang ada.
  4. Bila akan menginap di hotel/motel, pastikan kita sudah memesan kamar sebelum berangkat. Apabila pemilihan kamar ingin dilakukan secara spontanitas di tempat tujuan, sebaiknya sudah dibicarakan dulu kriteria-kriteria akomodasi yang dapat diterima bersama. Namun demikian, saya tetap menganjurkan untuk memesan kamar dimuka bila perjalanan dilakukan pada waktu peak season, untuk menghidari kesulitan memperoleh kamar kosong.
  5. Pikirkan transportasi dalam kota yang akan digunakan. Bila menyewa mobil, apabila hari pertama sudah punya rencana jalan-jalan keliling kota yang agak lama, minta supaya mobil yang akan disewa diantarkan ke bandara/stasiun pada waktu kita tiba dan buat perjanjian agar selesai sewa mobil juga diambil di bandara/stasiun pada waktu kita akan kembali ke rumah. Jadi kita menghemat biaya transportasi dari airport ke kota yang biasanya cukup tinggi.
  6. Bila hal-hal tersebut diatas sudah dibuat tibalah saat anda menyiapkan barang-barang yang akan dibawa. Bawalah barang secukupnya dan yang penting-penting. Sebaiknya buat cek list, agar tidak ada yang terlupa. Sebaiknya baju yg disiapkan dan dipakai adalah baju yang nyaman tidak terlalu mudah kusut & kotor. Jangan lupa membawa jaket atau blazer atau spasmina bagi wanita.
  7. Persiapkan handuk (minimal handuk kecil) dan perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, pasta & sikat gigi. Tidak semua hotel menyediakan barang-barang tersebut.
  8. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi.
  9. Bawa ketel listrik sangat bermanfaat untuk membuat minuman hangat dan indomie. Kabel sambungan dengan kombinasi colokan listrik juga berguna.

Untuk travel ke luar negeri yang perlu diperhatikan juga adalah:

  1. Buat travel insurance, untuk negara2 seperti Australia, Eropa dan Amerika travel insurance merupakan syarat untuk memperoleh VISA.Walaupun pergi ke negara ASEAN countries seperti Singapore, Thailand, Hongkong, dll, tidak membutuhkan visa, tapi tetap disarankan untuk membuat travel insurance. Beberapa budget flight seperti AirAsia dan JetStar menawarkan travel insurance dengan biaya yang terjangkau. Pada umumnya negara tujuan dan lama travel mempengaruhi besarnya harga premi.
  2. Tips-tips lainnya mengenai travel ke luar negeri dapat di klik disini pada point 1 s/d 10.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: