Pengalaman menginap di Duta Guesthouse Yogyakarta

Duta Guesthouse terletak di “International Village” di Yogyakarta, yaitu Jl. Prawirotaman no.26. Hotel ini berada dibawah 1 management dengan Delta Homestay dan Duta Garden Hotel. Wilayah sekeliling Guesthouse ini adalah budget hotel, kafe dan restaurant. Prawirotaman agak mirip dengan wilayah jalan Jaksa di Jakarta. Dari sini ke Malioboro ± 15 menit naik becak.

Pada Duta Gueshouse terdapat beberapa jenis kamar, yaitu kamar private dengan sharing kamar mandi (dengan atau tanpa AC) dan kamar private dengan kamar mandi di dalam (dengan atau tanpa AC). Kamar AC dengan kamar mandi di dalam masih dibagi lagi, yaitu: kamar dengan garden view, kamar AC (I) dengan TV, dan kamar AC (II) tanpa TV.

Pada waktu menginap disini kami memilih kamar AC (II) untuk saya dan keluarga serta kamar private tanpa AC dengan sharing bathroom untuk pembantu. Saya cukup terkesan dengan luas kamar kami, yaitu ± 4 x 6 m2, dengan 2 buah single bed. Kamar memiliki AC window dan kipas angin besar di langit-langit kamar. Kamar mandinya dengan shower dan nyaman, cukup bersih walaupun ada sedikit sarang laba-laba di bagian bawah WC. Pada kamar terdapat sofa rotan 2 buah dan mejanya. Terdapat juga tiang penjemur handuk. Kebersihan kamar baik. Kebetulan kami dapat kamar di bagian terdepan. Karena ada jendela yang cukup besar jadi kami bisa bebas melihat ke halaman hotel. Di muka setiap kamar ada teras dengan kursi dan meja, jadi bisa duduk-duduk santai disana.Hampir setiap kamar menghadap ke taman. Kebetulan depan teras kami ditempatkan komputer untuk akses internet gratis.

Kemudian saya melihat kamar pembantu di lantai 2. Ternyata kamarnya juga sangat nyaman dengan kipas angin besar di langit-langit. Kasurnya tebal dan empuk dengan seprai putih yang bersih. Tetangga kamar ada 3 buah. Kemudian masih pada deretan yang sama terdapat kamar mandi 2 buah dengan shower. Kamar mandinya juga sangat bersih. Semua kamar menghadap ke open air dengan pemandangan kolam renang.

Pelayanan di Duta Gueshouse sangat baik, petugas ramah dan responsif dengan pertanyaan dan permintaan kami. Pada sore hari kami memperoleh snack dan teh manis, sementara untuk breakfast disediakan ruang makan dengan pemandangan taman dan kolam renang. Sarapannya disajikan secara buffet dengan menu nasi goreng lengkap dengan telur goreng (yang baru digoreng atas permintaan kita), roti, selai, 2 macam jus, teh/kopi dan buah-buahan.

Fasilitas lainnya, adalah peralatan fitnes (sederhana) gratis dan kolam renang yang terletak di tengah-tengah bagian hotel.

Secara keseluruhan saya memberikan nilai 8/10 untuk Duta Guesthouse sebagai budget hotel yang very good value, kekurangannya menurut saya hanyalah AC window yang ada di kamar kami kurang dingin dan sedikit bersuara serta sedikit sarang laba-laba yang tertinggal di WC. Tetapi waktu saya meninjau kamar yang lebih mahal, ternyata menggunakan AC split. Untuk kamar-kamar dengan garden view, letaknya agak terisolasi, tetapi setiap kamar, benar-benar dilingkungi oleh taman yang lebat dan indah, sekilas mirip dengan cottage.

Lihat juga: http://www.dutagardenhotel.com/id/guest-house/ untuk informasi lebih detil.

Bila ingin bepergian, sebaiknya membuat rencana perjalanan. Contoh Rencana Perjalanan Pribadi dapat di klik disini dan disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: