Pengalaman menginap di RELC International Hotel, Singapore

Kali ini kami satu keluarga besar merayakan tahun baru 2009 di Singapore.

Tiga bulan sebelumnya hunting apartemen sudah dilakukan. Kenapa pilih apartemen?, karena orang tua kami keduanya sudah pakai kursi roda. Ruang apartemen yang cukup luas membuat ruang gerak mereka dapat lebih leluasa.

Mungkin hampir semua apartemen yang biasa disewakan di Singapore sudah kami coba hubungi tapi tidak berhasil. Kami membutuhkan 10 kamar dari beberapa apartemen yang tidak sharing dengan orang lain tapi tetap berada dalam satu building, dan ternyata cukup sulit untuk mendapatkan apartemen dengan kriteria diatas. Beberapa apartemen sepertinya cukup menjanjikan, tetapi mereka dengan terbuka mengatakan belum bisa kasih konfirmasi, karena mereka belum bisa menentukan harga sewa apartemen, mereka masih menunggu perkembagan market untuk menentukan tarif peak season.

Sampai akhirnya saya membaca pada blog Budi Sulis mengenai apartemen di Singapore yang sangat informatif dengan mas Budinya sebagai pemilik blog yang siap membalas/membantu semua postingan pengunjung. Ada pengunjung blog yang bercerita mengenai RELC International Hotel, hotel bintang 3 yang uniknya juga memiliki apartemen dan budget room. Langsung googling deh, dan ketemu banyak informasi mengenai hotel tersebut. Akhirnya kami memutuskan memesan 2 unit 2 bed rooms apartements dan beberapa kamar yang masing-masing memiliki 2 double queen bed, sehingga 1 kamar dapat ditiduri oleh 4 orang dewasa dengan nyaman.

Pertama kali tiba di RELC Intenational hotel kami terkesan dengan luas dan kenyamanan apartemen. Berbeda dengan apartemen di Jakarta yang kelihatannya mewah tetapi luas bangunan dan ruang-ruangnya nya sempit, apartemen di RELC luas dengan pengaturan ruang yang sangat baik. Setiap apartemen terdiri dari 2 kamar tidur masing-masing dengan ukuran ± 4 x 5 m2, dimana 1 kamar utama dengan 1 queen bed size, meja rias yang besar dan lemari pakaian yang cantik dan besar yang menempel didinding. Ruang keluarga luasnya ± 6×5 m2 dengan sofa dan meja makan yang nyaman, dengan teras balconi yang ditutupi oleh jendela kaca besar yang dilengkapi sofa untuk duduk-duduk. Kamar mandi terdapat diantara 2 kamar dengan bath cup, shower air dingin dan air panas serta wastafel.

Satu unit apartemen ada yang memiliki kamar mandi 2 buah tapi ada juga yang hanya 1 buah. Dapur juga cukup besar dengan ukuran ±3x 4 m2, dilengkapi dengan kulkas besar, oven dengan 4 kompor, microvave, dan pantri yang lengkap dengan wajan, panci, piring, gelas, cangkir, sendok dan garpu. Masih ada lagi ruang laundri. Seluruh ruangan ditata dengan menarik, dengan fasilitas yang functioning dan sangat nyaman walaupun tidak terlalu mewah. Kalau lorong antar kamar pada apartemen hotel berbintang di Jakarta agak sempit, tidak demikian di RELC, jarak antar unit apartemen pada satu sisi dengan sisi lainnya luas sekitar 3m. Saya selalu berpendapat bahwa apartemen di Jakarta pada umumnya kurang manusiawi, karena sangat pelit dengan ukuran ruang dan lorong yang menyebabkan penghuni apartemen dapat merasa mudah tertekan karena hal tersebut.

Hollywood Queen with 2 queen sized beds

Hollywood Queen with 2 queen sized beds

Kemudian kami melihat kamar dengan 2 double queen bed size. Walaupun kamar sudah agak tua tapi tetap nyaman & bersih. Setiap kamar ukurannya ±6 x 4 m masih ditambah teras balconi ukuran 2 x 4 yang ditutupi jendela kaca besar. Setiap kamar memiliki lemari pakaian besar yang menempel ditembok, meja rias besar, sofa kamar, kursi teras dan kamar mandi yang sama seperti yang terdapat di apartemen. Setiap kamar dilengkapi dengan kulkas kecil, ketel air, dan hair dryer.

Hari terakhir disana saya minta ijin untuk melihat-lihat budget room yang mereka miliki.

Budget room

Budget room

Ternyata juga nyaman dan bersih, walaupun ukurannya agak kecil. Pada satu kamar terdapat 2 tempat tidur yang disusun secara paralel dan 1 meja kerja dengan kursi. Kamar mandi berada diluar. Akan tetapi pengaturannya menarik, dimana 2 kamar berbagi 1 kamar mandi yang cukup mewah, yang fasilitas nya sama dengan kamar-kamar tipe lain. Lebih menarik lagi, setiap 2 kamar juga berbagi ruang makan dengan meja makan untuk 4 orang. Jadi situasinya mirip dengan 2 bed rooms apartement, tapi tanpa dapur dan fasilitas lain yang ada di apartemen. Ada juga yang pengaturannya 4 kamar tidur, dengan 2 kamar mandi dan ruang makan yang lebih besar.

Hotel ini dirancang sebagai hotel untuk pusat pelatihan pendidikan bahasa. Sehingga pada lantai dasar terdapat teater dengan susunan kursi seperti di bioskop untuk seminar yang berkapasitas ±80 orang. Terdapat juga ruang-ruang seminar lain pada lantai yang berbeda, ada yang berkapasitas sampai ± 500 orang. Pada lantai dasar juga terdapat small coffe shop dan lobby yang cukup luas.

Lokasi strategis, masih di kawasan Orchard, yaitu di 30 Orange Grove Rd, jalan kaki ke Tanling shopping centre hanya 10 menit, dan bila lanjut jalan selama 8 menit lagi sampailah kita di Orchard Shopping Centre. Di depan hotel terdapat bus stop.

Pelayanan hotel ini baik dan ramah, hanya saja tidak cukup banyak karyawan yang bertugas. Sehingga pada waktu datang pertama kali, saya cukup heran karena tidak ada concierge yang membantu membawakan bagasi kami. Karena merupakan hotel yang fungsi utamanya untuk seminar, maka tidak terdapat kolam renang. Satu hal lagi adalah sarapan hotel kurang lengkap dan sangat standar. Kalau menginap di hotel ini sebaiknya room only. Secara keseluruhan saya memberikan nilai 8/10 untuk hotel ini.

Bila ingin bepergian, sebaiknya membuat rencana perjalanan. Contoh Rencana Perjalanan Pribadi dapat di klik disini dan disini.

29 Tanggapan to “Pengalaman menginap di RELC International Hotel, Singapore”

  1. Daftar Apartemen di Singapore « BudiSulis’ Weblog Says:

    […] RELC International Hotel & Apartment, Orange Grove Rd, Orchard Area. Book lewat internet di: hotels.online.com.sg/singapore_hotels/RELC_International_Hotel/rates-booking.asp.  Untuk melihat komen yg pernah nginap disini, klik:  http://mytravel08.com/pengalaman-menginap-di-relc-international-hotel-singapore/ […]

  2. bunda08 Says:

    Terima kasih Mas Budi atas informasinya.
    Kalau saya pesan di hotel ini bisa dapat tarif yg lebih murah. Untuk budget room hanya SGD 100/room, dan untuk standard room sekitar SGD 140/room. Cheers

  3. Mesa Says:

    Hai Bunda08…

    Saya jg sedang cari tempat tinggal buat bulan Juli nanti ke sing. Mau tanya untuk kamar standard apa sama dengan Hollywood Queen with 2 queen sized beds? Rate nya sekitar berapa ya??
    Thanks banget untuk bantuannya…🙂

  4. bunda08 Says:

    Halo Mesa,

    Untuk kamar standard budget, lebih kecil dari Holliwood queen dengan 2 single bed tarif sekitar SGD 100/room/night. Kemudian ada lagi executive twin dengan 2 single beds tapi kamar mandi dalam, tarif SGD 140/room/night. Semuanya sudah include breakfast. Bisa pesan onlilne via asia travel. Cheers.

  5. eny Says:

    hai bunda08..

    pemesanan hotel via asia travel ini, dijamin ga kita bakalan dapat kamarnya? karna pengalaman teman, ada yg buking via website, sampe sana tnyata ga dapat kamar…. thx

  6. bunda08 Says:

    Mbak Eny, saya sudah 3 kali pesan kamar via Asia Travel, ke Singapore, Hongkong, Macau dan London. Selama ini sih ok aja dan tidak pernah ada masalah dan selalu dapat kamar. Saya pikir mereka credible, dan selalu ada konfirmasi dari mereka mengenai kamar yg kita pesan beserta nama kontak person, telepon, fax dan email.

  7. Panda Says:

    Salam kenal Bunda08…

    Perkenalkan, nama saya Panda. Saya berencana akhir Mei 2009 ke Singapur ber-8 (dewasa). Kami masih bingung menentukan tinggal dmn selama kami di Singapur. Mau nanya, di RELC yang executive twin, bisa di-isi 4 orang tidak? Karena saya sudah cek harga, ditanggal mei itu rate nya S$140/room/night, kan lumayan tuh Bunda, hehe…
    Satu lagi kalau dari RELC ke Orchard Road, naik apa yah Bunda??
    Terima kasih sebelumnya…

  8. bunda08 Says:

    Salam kenal kembali Panda. Rasanya kalau untuk ber 4 tidak bisa kamar yg executive twin, paling tidak harus yg hollywood queen. Tarifnya SGD165/room/night. Atau kalau mau kong kow2 lebih lega sewa 3 bed rooms apartments, lebih mahal sedikit tapi ada living room dan dapur, kayanya sih bisa juga utk ber delapan asalkan 2 tempat tidur dipakai utk ber 3. Dari RELC ke Orchard road, jalan kaki sekitar 15 menit, atau naik bis dr depan hotel yg tarifnya sekitar S1.20 per org. Happy traveling, cheers🙂

  9. stevanie Says:

    saya vanie rencananya akhir sept mau ke SG, kira2 dimana ya yg direkomendasikan untuk menginap kl bs di sktr orchard dan tdk jauh jln ke MRT berhubung sy pergi dgn orang tua.kmrn sy nginap di lp cm skrg mau coba suasan abru yg tetap ekonomis. saya cb cek rates di relc untuk akhir sept ratenya lmyn tinggi ya bunda…
    terimakasih

  10. bunda08 Says:

    Vanie, biasanya untuk hotel atau apartment di wilayah Orchard Road harganya relatif lebih mahal dibanding di wilayah lain, apalagi kalau mau yg nyaman. Mungkin untuk harga yg lebih murah dari RELC, alternatif nya ya apartment2, yg uraian lengkapnya silahkan lihat di blog nya mas budi http://budisulis.wordpress.com/2008/02/25/apartemen-di-singapore-2/.

    Happy travelling.

    Cheers.

  11. ida sufran Says:

    Mba, saya mau tanya di RELC ada ngga kamar apartemen yg 2 kamar dengan kamar mandi di dalam? Kalo ada kira2 brp harga per mlmnya? Yg dimaksud dgn hollywood queen itu apartemen atau hotel?

  12. bunda08 Says:

    Di Relc ada kok 2 bed rooms apartments dgn kamar mandi dalam. Dulu sih kita waktu tahun baru rate nya sekitar 350 SGD sdh include breakfast, tapi ada baiknya juga di cek lagi ke Asia Travel. Hollywood queen bed itu kamar hotel yg berisi 2 bed ukuran queen, jadi cukup nyaman kalau 1 tempat tidur ditiduri oleh 2 orang. Happy travelling. Cheers.

  13. wiwin Says:

    Saya mau ke Singapore awal januari 2010, berapa rate kamar yg muat unt 2 adult dan 2 child ( age 2 dan 7 ) ? inside bathroom / shared ?
    thank’s infonya.

  14. bunda08 Says:

    Coba deh googling RELC International hotel, pasti banyak dapat informasi tms budget. Perkiraan sekitar 200 SGD an/night

  15. widya Says:

    Saya mau tanya kalo saya mau sewa bbrp kmr utk 16 org sebaiknya yg mana yah?! utk akhir tahun ini. dgn budget kurang lbh $30/org/mlm.
    kalo yg hollywood queen diisi 6 org bole tdk? lalu 3 bedroom apartment itu maksudnya 1 apartment ada 3 kmr tdr dg dapur +living room? hargany brp utk akhir taon ini per mlm nya? dpt bed nya apa? maksimal bisa 8 org saja? thks b4

  16. dave Says:

    Ternyata ok juga ya Hotel RELC ini. Saya lihat di http://hotelmurah.panduanwisata.com/singapore/singapore.html harganya cuma S$85 tuh. Semoga berguna.

  17. Sewa Kamar Harian / Apartemen di Singapura | Wisata Singapura Says:

    […] RELC International Hotel & Apartment, Orange Grove Rd, Orchard Area. Book lewat internet di: http://hotelmurah.panduanwisata.com/singapore/singapore/relc-international-hotel.  Untuk melihat komen yg pernah nginap disini, klik:  http://mytravel08.com/pengalaman-menginap-di-relc-international-hotel-singapore/ […]

  18. bunda08 Says:

    Widya, coba cari informasi harga kamar atau hotel apartment of RELC International Singapore di web nya Asia Travel. Kalau 3 bed room mungkin bisa muat 7-8 orang. Tp yg termurah ya itu kayanya SGD85/room buat 2 orang. Setiap apartment punya living room yg luas & dapur yg lebar, serta balkon.

  19. shinta Says:

    Salam kenal Bunda….saya shinta dari samarinda.rencana januari nnti kami akan melancong ke singapura,11 orang dewasa dan 2 anak umur 7thn.menurut bunda lebih baik kami pilih tempat yang bagaimana,maunya sih yang u
    1 unit isi 3 / 4 kamar,harus bersih dan nyaman.tolong kasih pencerahan ya….makasih…

  20. bunda08 Says:

    Maaf ya Shinta lama membalasnya. Saya juga hanya seorang traveller kaya Shinta. Pengalaman kami sih untuk keluarga RELC ya OK, seperti pada review saya diatas. Kalau untuk macam2 apartment juga bisa liat di blognya mas Budi (ada alamat web nya diatas). Kalau untuk hotel coba saja googling dengan key words hot deals hotel di Singapore, supaya bisa dapat penawaran terbaik.

  21. kian Says:

    aloo.. saya ingin me4ncari apartment untuk stay selama 3 hari,,tujuan buat bwisata bukan berobat. kita rencananya mao pegi tgl 22 desember sampai 25 desember ini.. tolong dibagi infonya yach!!terima kasih!!

  22. desalina Says:

    mb, mau tanya.. bagaimana cara pesan apartemennya di hotel RELC tersebut? apakah bisa pesan online? atau lewat travel? ratenya sekitar berapa biar bisa untuk 4 orang?

    thanks

  23. bunda08 Says:

    Terima kasih sudah mampir di blog kami. Untuk cek harga dan pemesanan biasanya saya via online ke Asia Travel, harga sangat bersaing bila dibandingkan dgn travel on line lain dan juga aman.

  24. Asia Hotels Review Says:

    Bisa menjadi pilihan saat di Singapore
    salam

  25. Adhi Says:

    Salam kenal mbak Bunda 08,
    Mau tanya donk…kl yg di hotel RELC itu utk pesen kamar yg apartemen gmn caranya ya? Soalnya kl di web asiatravel hanya ada kamar executive queen dan deluxe room.

    Thanks buat jawabannya🙂

  26. bunda08 Says:

    Adhi: Sekarang di Asia Travel sudah tidak ada lagi penawaran utk serviced apartment. Saya sendiri rencananya jg ingin sewa lagi RELC apartement, saya coba masuk ke web nya langsung: http://www.relcih.com.sg dan trus kirim email ke enquiry@relcih.com.sg Dijawabnya baru empat hari kemudian dgn informasi sbb:

    Rate for 2 bedroom apartment as below :

    Daily $410.00++
    Weekly $2,500.00++
    Monthly $8,800.00++

    Thank you for your interest in RELC International Hotel.

    Mudah2 an info ini membantu.

    Happy travelling.

    Salam.

  27. ratna Says:

    Hi bunda, apakah kamar executive queen bisa ditempati oleh 4org dewasa tanpa exstra charged? Trims sebelumya.

  28. Lala Says:

    Salam kenal bunda08, mau tanya, untuk yg Hollywood Queen with 2 queen sized beds skrg brp ya harganya di RELC? Thanks. .🙂

  29. Hendra Says:

    Ada persewaan 1 unit apartemen 2 kamar 2 kamar mandi. Lokasi strategis dekat orchard, dekat mrt, dekat tempat makan. Bersih dan nyaman. Bisa untuk 7 orang hanya 210 SGD/unit/malam.
    Contact:
    Diana
    +65 84924909

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: